L-U-L-U-S

Lulus ujian? waaaaaa siapa yang gak histeris kalo tau dirinya termasuk salah satu dari beratus-ratus orang yang lulus dari ujian nasional (atau ujian akhir sekolah kali yaa )

nah waktu pengumuman tanggal 16 Mei Senin kemaren, anak SMADA (baca : SMAN 2 Palanngkaraya a.k.a sekolah tercinta kuu😀 ) khususnya yang kelas 3 udah pada ngumpul waktu ade2 kelasnya lagi pada upacara.

gak kebayang jadi mereka dag dig dug seeerr’nya gimanaa naah waktu itu juga kami anak kelas 2 khususnya 2 IPA 1 sampai 2 IPA 4 (saya 2 IPA 3 :p ) dapat tugas dari Pak Rudy (guru Fisika gahool kami :D) buat mendokumentasikan atau mengabadikan detik-detik menjelang pengumuman kelulusan dalam bentuk ‘foto’ (waduh bahasanya ribet) atau bisa dibilang hari itu tandanya anak kelas 2 gak belajaaaarr ..uyeee 

kebetulan kami bukan cuman ngeliput di SMADA aja looohh, kesekolah lain juga bisa, nah akhirnya aku bagi kelompok sama teman2 yang lain buat bagi tugas di masing2 TKP, aku 1 kelompok sama Rolla + Dhea (Prisca)

sebelum surat kelulusan dibagi’in, anak2 kelas 3 pada disuruh foto bareng dulu dihalaman 1 SMADA (kenapa dibilang halaman 1? karena SMADA punya 2 halaman yang luaaasss😀 jadi dikasih nama lapangan 1 sama lapangan 2.. pamer, padahal biasa aja😀 )

ini nih hasil jepretannya, kita liat yuukkss 

* ini waktu lagi foto bersama seluruh gen 25 sebelum pengumuman kelulusan, liat deh muka-mukanya pada unyuu (alias dag dig dug serrr duaar) 

* naaahh foto ama guru2 di SMADA dulu yuks, ada 3 guru tuh yang lagi jalan, nah yang ditengah itu adalah Nyonya besar SMADA haha (kepala sekolah) dan para pengikutnya

lanjuuutt😀

* yang ini nih bikin merinding ngeliat fotonya, berasaaa gimana gitu ngeliat muka mereka pada ngelempar topi, gak kebayang 1 tahun lagi aku dan angkatanku juga bakal kayagini😦

Setelah saat yang ditunggu2 hampir tiba ( baru hampir yaa😀 ) semua anak kelas 3 pada disuruh ngumpul di depan ruang guru..ada beberapa guru yang ngasih sepatah 2 kata ( eits lo sangka goyang patah2😀 ) buat kakak2 kelas tercinta (hoo?)..ada juga pak polisi yang ngasih saran agar yang pada lulus nanti gak usah deh pake acara konfoi (konfoy ahaha) dijalanan, soalnya bisa terjadi hal-hal yang gak diinginkan, contoh : kecelakaan sama dirazia kalo corat coret baju mungkin gapapa aja kali yaa, soalnya sudah jadi tradisi disekolah manapun..

* ini waktu guru2 lagi pada ngejelasin apa gituu (gak dengar, lagi repot jeprat jepret)

nah sebelum di’umumin soal kelulusan, ada kayak acara apa gituu (bacanya kayak orang mikir), pokoknya waktu itu murid kelas 3 yang berprestasi pada disuruh maju, ini nih orang2nya …..

*tuh yang barisan paling depan adalah anak2 berprestasi di SMADA (bukan cuman yang ini, semua anak SMADA berprestasi kok🙂 )

yok kita lanjut lagi, naah ini nih yang ditunggu2, muka-mukanya pada jadi ungu semua (gugup) nunggu surat yang bakal dibagiin

tuh liat tuh udah pada berembuk berpelukan gak jelas gitu berkelilingan (hahahaapa sih) pada nunggu giliran dibagi surat kelulusan  haddduh yang nulis jadi dag dig dug jeggerrr juga nih hahaha padahal kan udah tau hasilnya apa, sengajaa😀

eengg iingg eeng………………………..

dag dig dug dag dig dug dag dig dug (kayak suara jantung orang yang mau skaratul maut haha, naudzubillah )

YAAAAAAAAAAAKKKKKKKKKKKKKKK semua murid kelas 3 di SMAN 2 P.Raya L-U-L-U-S 100% (Alhamdulillaaahhh , fiuuhh )

dan iniiiii ekspresi kebahagian mereka yang berhasil saya dokumentasikan 

 dan seperti biasa😀 kalo sudah tau pada lulus pasti deh ada ritual corat coret baju sana sini pake piloks (vilox ? gak tau tulisannya haha) dan itu semua berhasil saya abadikan, kenapa saya bilang berhasil? karena dilapangan penuh semprotan piloks dan itu membuat saya agak takut, takut kena baju😀 kan saya belum lulus dan bajunya masih dipake buat 1 tahun lagi😦  (tadi ‘aku’ sekarang ‘saya’ , gak konsisten nih gue, nah kan ‘gue’ lagi hahahaduh) .. Lanjut, mau liat fotonya gimana? cekidot 

ada gue nih😀 haha

nyempil sedikit😀

nyempil (lagi :D)

 masih banyak lagi sebenarnya foto yang mau ditunjukin, tapi kita cerita2 bentar yak , capek masukin fotonya 

kayaknya cukup deh yaa ngambil foto yang di SMADA akhirnya aku, Rolla, Dhea, sama teman2 yg lain ( Windy, Puput, Intan, Maya, Atuk ) cabut ke SMAN 1 P.Raya, biasanya dikenal dengan nama ‘SMANSA’ nah kebetulan juga SMANSA itu cuman berbataskan tembok dengan SMADA, jalan kaki aja sampai kok😀, tapi waktu kami sampe disana ternyata udah banyak yang pada bubar, cuman dapat 2 foto ini aja :

okeh, gara2 cuman dapat 2 foto ini, akhirnya kami memutuskan untuk cabut ke SMAN 3 P.Raya, tapi sebelumnya karena saya yang bertugas jeprat jepret dan yang bawa kameranya saya (by : canon D1000,pamer dikit :D) dan saya kebetulan bawa motor sendiri akhirnya salah satu motor harus dititipkan biar saya lebih leluasa jeprat jepret dijalanan (weleh weleh) dan yang harus dititipkan adalah motor saya -_-” 

naaah yang disini nih asik,konfoi pake motor mah udah biasa kali yak, tapi aneh lagi yang ini waktu didepan SMAN 3 ada yang konfoi pake sepeda !buset daah 

gara2 agak susah ngepretnya, akhirnya kami cabut lagi ke SMAN 4, tapi sampe sana ternyata udah pada bubaran anak-anaknya, yasudah deh akhirnya gak ada tempat yang dituju lagi dan alhasil perut juga lagi lapar-laparnya dan kami langsung pergi cari tempat makan 

naaah tadi kan sempat ketunda nih liat foto2 kelulusan anak SMADA yang lainnya, yuk kita liat lagi 

ini nih best couple di smada tahun ini😀

 okedeh saya rasa cukup tentang semua foto2 ini (udah ngaur ngomongnya) karena sampai saya nulis tulisan yang ini jam sudah menunjukkan pukul setengah 12 malam dan badan saya sudah terasa cenat cenut sampai sini duluu yaa postingan tentang ‘kelulusan’nya, sebenarnya banyak yang masih mau diceritain tentang kejadian2 lucu unik dan aneh waktu ikut konfoi dijalan tapi apa daya semua badan saya sudah menagih untuk istirahat sejenak (tuh kan ngaur bahasanya) kalo besok sempat, akan saya tambahkan tulisan ini hehe 

oiya, pesan buat kakak2 kelasku semuanya “selamat yaa buat kalian semua, alhamdulillah semuanya lulus 100%, tapi ingat, kelulusan bukan akhir dari segalanya (buset dah kata2nya) kejar terus cita2 kalian sampai titik darah pengahabisan haha biar nanti hidupnya sukses dan bahagia dan juga semoga diterima di universitas favorit kalian yaa ” oke guys, keep spirit 

akhirnya saya Nova Auditha mengundurkan diri dari postingan ini, sekian yang dapat  saya ceritakan (mampus+teler) terimakasih dan sampai jumpa dipostingan selanjutnya..bye byee 

mohon maaf apabila ada salah kata karena ngetik dan mikirnya sambil ngantuk2 ayam_the end 

si cantik yg tetap mempesona sepanjang abad aka BARBIE :D

jangan ditanya lagi ! ini nih wanita paling cuantiiikkk didunia😀 namanya BARBIE, boneka remaja yg amat cantik dan mempesona ini ternyata punya asal muasal loohh, saking terobsesinya saya dengan boneka ini makanya saya buat nih artikelnya dari kecil sampai detik ini yg namanya Barbie gak pernah hilang dari pikiran saya, bahkan saya terobsesi punya anak yg kaya barbie, malah saya berharap semua koleksi barbie saya yg ada dirumah bisa hidup semua, biar jadi temankuuu😀

Sejak pemunculannya hingga saat ini, boneka cantik  yang selalu tampil modis ini telah mewabah di kalangan remaja diseluruh dunia. Namun siapa sangka boneka trendy ini sudah berusia cukup uzur. Berkisar 2 minggu lagi, tepatnya tanggal 9 Maret 2009 nanti, Barbie genap berusia 50 tahun.

Boneka awalnya hanya satu jenis permainan yang disukai oleh anak-anak berjenis kelamin wanitta. Boneka biasanya memiliki pakaian dan menjadi bahan untuk menguji kreatifitas anak dalam berimajinasi. Dengan boneka anak-anak bisa melakukan permainan bongkar pasang. Bila bajunya tidak cocok atau disesuaikan dengan kondisi ‘cerita’nya, maka figur itu bisa dibongkar pakaiannya dan dipasang dengan pakaian yang sesuai ‘skenario’. Harganya pun mudah dijangkau.

Berbeda dengan keberadaan Barbie yang bertolak belakang dengan hal tersebut, maka Barbie lebih disukai oleh semua kalangan. Tidak hanya anak SD, mungkin anak SMP, SMU hingga ibu-ibu muda pun gemar mengoleksi benda ini. Boneka Barbie ternyata memiliki nama lengkap, ‘Barbie Millicent Roberts’, lahir 9 Maret 1959, langsung berpendidikan SMU dengan multi karir (lebih dari 70 karir) seperti Astronot, dokter,
pembalap dan yang pasti dia adalah seorang model remaja.

Nama barbie diberikan oleh Barbara Handler, anak dari Ruth Handler, pembuat dan pendiri perusahaan mainan Amerika yang bernama Mattel, pabrik dimana Barbie dibuat sejak 50 tahun lalu. Pertama kali, Barbie muncul saat pameran mainan anak-anak di New York. Kecantikannya langsung merebut hati dunia. Pada tahun pameran itu digelar penjualan Barbie telah melebihi 300 ribu unit.

Saat ini Mattel memperkirakan ada 100.000 kolektor Barbie kelas berat yang membeli 20 boneka Barbie dan mebelanjakan 1000 U$D setiap tahunnya, asal tahu saja boneka Barbie rata-rata terjual sebanyak 178.000 buah perhari dan diperkirakan 90% wanita Amerika pernah/masih memiliki boneka Barbie.

Ikon Wanita Idola

LucuneLucune

Segala macam ilusi atau mungkin lebih tepat disebut imajinasi mengarah kepada keberadaan Barbie yang ‘sempurna’. Lihat saja postur tubuhnya. Rambut pirang, mata bundar berwarna biru, kaki jenjang dan perawakannya yang tinggi semampai. Sebuah gambaran ideal dan sarat dengan nilai femininitas. Bila diperhatikan dengan seksama, wajahnya pun adalah wajah yang teduh, bersahabat dan seakan-akan selalu menyapa pada siapa saja. Meski ada yang bilang, wajahnya adalah wajah yang bodoh, namun siapa saja mengamini, bahwa ada aroma kecantikan yang terpancar.

Ada nilai kepercayaan di sini. Wanita cantik dan mengumbar senyum menawan pada setiap orang tentunya memberi kepercayaan kepada orang yang belum mengenalnya untuk mendekati. Barbie yang feminin dan berambut panjang itu memberi pengaruh betapa dahsyatnya sebuah benda mati mampu memberi impian pada setiap wanita untuk mengidolakannya.

Mencari sebuah ikon budaya yang popular dewasa ini tidak sulit seiring dengan berkembangnya wacana berpikir yang disertai dengan semakin mengglobalnya acara TV dan media massa secara cepat. Bila Elvis ataupun James Bond bisa dikatakan sebagai ikon budaya yang membutuhkan peng-ideal-an seorang laki-laki, maka Barbie masuk dalam wilayah ini sejajar dengan Madonna, Cher yang memiliki kaki indah maupun Mandy Moore yang mempunyai lekuk tubuh yang bagus.

Membangun citra memang tidak hanya diraih dengan cara kepemilikan Barbie, namun bisa juga diraih oleh produk-produk maupun personal yang lebih mengedepankan citra dan gaya. Susan Pearce (1995), seorang sosiolog menekankan bahwa secara sadar atau tidak, aktifitas mengoleksi suatu produk yang sarat dengan nilai citra adalah aktifitas mengonsumsi juga. Bila demikian halnya, maka kegiatan mengoleksi bisa berarti pula tuntunan untuk mengonsumsi sebanyak mungkin.

Di samping hal tersebut, Pearce juga menganggap bahwa kegiatan mengoleksi ini adalah juga menyentuh persoalan pribadi. Disadari atau tidak, tindakan mengoleksi ini seringkali menggambarkan atau malah mengembangkan jati diri mereka. Sehingga Barbie dianggap juga tidak hanya merepresentasikan ikon konsumerisme melainkan juga ikon materialisme, yakin penggunaan barang-barang hak milik untuk menandakan dan membentuk jati diri seseorang.

Omset Menurun

BarbieBarbie

Barbie akhirnya tidak hanya menjadi sekedar boneka, tapi juga dimanfaatkan sebagai gerakan politik maupun budaya. Barbie pernah dijadikan simbol untuk gerakan kesetaraan gender bahwa perempuan bisa berkarir menjadi apa saja. Barbie juga masih dilarang di Arab Saudi karena dianggap sebagai ‘Mainan Yahudi’.

Usia yang semakin bertambah serta kepopulerannya, tentu saja diiringi oleh terpaan permasalahaan dan tantangan yang beraneka ragam. Saat ulang tahunnya kali ini, Barbie seolah tidak bergembira Barbie  dianggap telah melahirkan kontroversi ketika ribuan anak remaja menderita anorexia karena ingin tubuhnya seperti Barbie.

Mereka  rela memotong jadwal makan mereka demi menghasilkan tubuh ramping seperti Barbie. Banyak yang sakit dan kecaman pun mengalir kepada Barbie. Selain itu, dalam 7 tahun terakhir datang pula saingan baru bagi Barbie yang dikenal dengan boneka Bratz.

Faktor-faktor ini sangat mempengaruhi omset penjualan Barbie. Tahun lalu (2008), omset dari penjualan Barbie jatuh sekitar 21%. Meskipun begitu Barbie tetap menampilkan wajah muda dan mempesona dengan model-model pakaian terbaru yang tak terhitung banyaknya. Konon katanya, Barbie juga menjadi sumber inspirasi bagi para designer untuk merancang kreasi pakaian-pakaian terbaru mereka.

Saat ini, Barbie telah muncul dalam situs facebook.com dan my space yang saat ini juga sedang mewabah. Boneka yang tingginya 29 cm ini, sampai saat ini masih menjadi produk utama dari Mattel. (berbagai sumber)

Barbie’s secret history

Pencipta Barbie????Pencipta Barbie????

Berikut ini adalah versi lain tentang asal usul Barbie;
Barbie, boneka yang terkenal dan banyak disukai diseluruh dunia ini merupakan icon feminitas di Amrik. Boneka yang mempunyai umur terpanjang dalam penjualan sejak pertama kali di ciptakan. Namun, di sebuah desa kecil di Bavaria – Jerman, tidak akan ada kebanggaan terhadap boneka ini, yang ada hanyalah kepahitan dan penyesalan.

Barbie’s secret history, yang selama ini tidak pernah diakui tentang keberadaan Rolf Hausser, dimana dia dikhianati sejarah. Cerita tentang kenaifan kota kecil dalam perlawanan terhadap industry besar. Terlepas dari semua itu, ini tentunya cerita tragedi seorang yang sudah tua, yang namanya dihapus dari sejarah Barbie, dimana tidak banyak orang yang mengetahui dialah pencipta boneka Barbie.

Pada 1952, Lili terlahir sebagai karakter kartun di surat kabar Jerman bernama Bild Zeitung. Pada tahun 1955 terinspirasi oleh karakter kartun tersebut, kartunisnya (Beuthin) memiliki ide untuk menjadikan Lili sebagai boneka. Setelah menemukan pembuat boneka yang tepat, Rolf bersama saudaranya Kurt dengan perusahaan mereka O&M Hausser, akhirnya mereka mengkreasikan boneka perempuan dewasa yang tidak lazim pada jamannya. Sejak peluncurannya ke pasar pada 12 Agustus 1955, Lili mengalami kesuksesan luar biasa.

Pada tahun 1956, pebisnis wanita bernama Ruth Handler bersama suami dan kedua anaknya berkunjung ke Lucerne, di Switzerland. Ruth dan suaminya sendiri (Elliot) adalah pemilik Mattel, perusahaan manufaktur boneka di Amerika. Pada liburannya, dia tertarik melihat boneka wanita dewasa, Lili. Pada jaman tersebut boneka lazimnya hanyalah yang imut dan lucu dengan model bayi, melihat boneka tersebut dia membelinya dan membawa pulang (ya iyalah bawa pulang, emank mau dibawa kemana lagi?).

Setelahnya dia mengirimkan dua karyawannya ke Jepang membawa boneka Lili untuk mencarikan perusahaan manufaktur yang bisa membuatkan boneka serupa. Boneka Barbie pada khirnya sukses di dunia, namun sejarahnya tidak.

Singkatnya, setelah mengetahui Lili ditiru, Rolf hanya bisa menjual patennya ke Mattel dengan perasaan kecewa. Setelah beberapa saat dia menjual paten Lili ke Mattel, O&M Hausser kemudian mengalami kerugian dan kebangkrutan. Dunia tetap tahu Barbie diciptakan oleh Mattel, nama Barbie diambil dari nama anak Ruth Handler. Walaupun Mattel menjelaskan ke dunia bahwa Barbie kreasi dari Ruth Handler, namun tampak jelas Barbie dan Lili adalah identik.


Akibat yang dialami manusia saat bergerak menembus kecepatan suara

Concorde adalah pesawat supersonik (pesawat dengan kecepatan suara) pertama yang diciptakan pada dekade 1950-an hasil kerjasama antara Inggris dan Perancis.

Concorde pernah mengalami kecelakaan pada 25 Juli 2000. Hal itu membuat orang-orang menyadari rentannya pesawat supersonik. Akhirnya, ditambah dengan mahalnya biaya operasional, sejak tahun 2003 pesawat Concorde tidak terbang lagi dan kedua maskapai yang mengoperasikannya (Air France dan British Airways) memensiunkan pesawat ini dari jajaran armadanya dan mengakhiri era penerbangan supersonik.Selama 20 tahun pertama penerbangan komersialnya, Concorde mengangkut 3,7 juta penumpang.Total jam terbang dari keseluruhan 13  pesawat Concorde yang ada sekarang sudah lebih dari 200.000 jam terbang.

Dari jumlah itu, 140.000 jam di antaranya adalah 140.000 jam terbang di atas kecepatan suara. Pesawat ini juga mampu membawa 144 penumpang dengan kecepatan 2,04 mach (2.200 kilometer per jam) pada ketinggian 60.000 kaki.

Itu artinya kecepatan Concorde 2 kalinya kecepatan suara, yakni 1.200 km/jam. Dengan kecepatan luar biasa ini, Concorde hanya membutuhkan waktu 2 setengah jam dari Paris ke New York. Padahal, rata-rata pesawat biasa menempuh jarak tersebut harus membutuhkan waktu lebih dari 7 jam.

Etika menembus kecepatan luar biasa itu, Concorde akan mengeluarkan suara menggelegar yang disebut SONIC BOOM. Jika terjadi di atas daratan yang penuh dengan perumahan, pengaruh sonic boom dapat memecahkan kaca-kaca jendela rumah.

Makanya, Concorde hanya diperbolehkan terbang dengan kecepatan luar biasa tersebut ketika sudah berada di atas Samudera Atlantik. Saat Concorde masih terbang di atas daratan Eropa dan Amerika, Concorde melaju dengan menggunakan kecepatan pesawat biasa, yaitu 600 km/jam.

upaya manusia mencapai suatu obsesi menembus batas kecepatan dengan alat transportasi

Upaya manusia untuk menembus batas kecepatan tak pernah berhenti. Sekelompok tim dari Inggris berencana  melampaui rekor kendaraan darat tercepat di dunia yang hingga kini belum juga terpecahkan, sejak 13 tahun lalu.

Mobil ini dinamakan Bloodhound Super Sonic Car (SSC), ditargetkan untuk bisa melejit sekencang 1000 mil per jam atau sekitar 1600 km per jam, melampaui kecepatan kendaraan tercepat saat ini, Thrust SSC, yang bisa melesat hingga 763 mil per jam atau 1.228 km per jam.
Dengan kecepatan tersebut, Bloodhound bahkan mengalahkan kecepatan peluru yang ditembakan dari mulut pistol revolver Magnum 0.357 yang berkecepatan 441 meter per detik.

“Kami mendapatkan banyak tawaran dari berbagai perusahaan di seluruh dunia, yang ingin menjadi sponsor,” ujar Richard Noble, Direktur proyek pemecahan rekor, kepada BBC News.

Akibatnya lebih banyak pihak yang berniat menyediakan bantuan finansial, daripada kemampuan Bloodhound untuk mempromosikan perusahaan-perusahaan tersebut. Yang jelas, perusahaan-perusahaan penerbangan besar juga terlibat dalam proyek ini.

Membedah Bloodhound
Seperti dikutip dari Physorg, Mesin Bloodhound ditenagai oleh kombinasi dari roket Falcon dan sebuah mesin jet EJ200 yang digunakan pada pesawat tempur Eurofighter Typhoon.

Mesin jet ini mampu memproduksi daya dorong sekuat sembilan ton, sementara mesin roket akan menyediakan daya dorong tambahan sebesar 12 ton.

Adapun bodi Bloodhound terbuat dari bahan bahan campuran yang tipis. Rodanya terbuat dari campuran aluminium padat, berbobot 97 kg, dan berdiameter 90 cm. Khusus untuk roda ini, Lockheed Martin, pembuat pesawat jet F-22 Raptor dan F-35, yang akan membuatnya.

Roda merupakan elemen yang cukup penting, karena diperkirakan roda kendaraan ini merupakan roda yang berputar dengan kecepatan tertinggi yakni mencapai 170 putaran per detik (sekitar 10.200 rpm). Tekanan pada bagian roda itu juga diperkirakan mencapai sekitar 150 megapascal.

Sementara pembuat mesin jet pada mobil F-1, Cosworth, yang belum lama bergabung, akan terlibat dalam pembuatan salah satu unit power yang mengendalikan bagian liquid oxidiser pada roket Bloodhound. Dan Hampson Industries akan membangun bagian belakang dari mobil itu.

Pemecahan rekor ini sendiri akan dilaksanakan di Hakskeen Pan di Provinsi Cape bagian utara, Afrika Selatan. Pada trek sepanjang 20 km dan selebar 1,5 km itu,  tidak boleh sama sekali ditemukan batu, karena bisa menyebabkan kecelakan yang sangat fatal.

Oleh karenanya, sekitar 300 orang lokal telah dikerahkan untuk membersihkan trek tersebut dari batu. Bloodhound musti melakukan dua kali lintasan untuk memecahkan rekor ini. Hasil kecepatan rata-ratanya itulah yang akan menjadi kecepatan resmi dari kendaraan itu.

Richard Noble sendiri adalah orang yang juga mengepalai tim kendaraan Thrust SSC pada 1987, yang hingga kini rekornya masih belum terpecahkan. Bahkan, pada 1983 ia sendiri mengendarai Thrust 2 memecahkan rekor kendaraan tercepat di dunia, mengalahkan kecepatan Bluebird CN7.

Demi misinya kali ini, Noble membawa serta beberapa personel terdahulu pada misi lawasnya di 1987. Mereka adalah Komandan Wing Royal Air Force Andy Green sebagai pengemudi kendaraan, dan Ron Ayres, Kepala desain aerodinamis.

Konstruksi Bloodhound akan mulai dilakukan pada Januari tahun depan. Rencananya, Bloodhound akan memecahkan rekor baru kecepatan mobil di bumi, pada tahun 2012.

percobaan selang berdasarkan perhitungan

naaahh kali ini saya tidak melakukan percobaannya, melainkan menggunakan perhitungan yang saya dapatkan dari Pamela setelah saya baca, akhirnya saya mulai sedikit mengerti

nah pertama2 untuk mencari volum tabung kita menggunakan rumus

V = π r2 t

kemudian >

*Setiap satuan inchi  diameter selang diubah terlebih dahulu ke satuan cm.yang  1 inch = 2,54 cm. menjadi:

  • O,5 inchi = 1,27 cm
  • 0,75 inchi = 1,905 cm
  • 1 inchi = 2,54 cm
  • 2 inchi = 5,08 cm
  • 3 inchi = 7,62 cm

*Tinggi atau panjang selang yang satuannya m diubah ke cm. 1 m = 1000 cm, jadi 20 m = 2000 cm.

nah sekarang tinggalkan dimasukan kedalam rumus :

karena hasilnya koma, kita menggunakan π= 3,14 aja yaa

1. Volum selang o,5 inchi=1,27cm

= 3, 14 x (1/2. 1,27)² x 2000

= 2532, 253 cc atau 2,532 liter

2. Volum selang 0,75 inchi=1,905cm

= 3, 14 x (1/2. 1,905)² x 2000

= 5697, 56 cc atau 5,697 liter

3. Volum selang 1 inchi=2,54cm

= 3, 14 x (1/2. 2,54)² x 2000

= 10129,012 atau 10, 129 liter

4. Volum selang 2 inchi=5,08cm

= 3, 14 x (1/2. 5,08)² x 2000

= 40516, 046 cc atau 40,616 liter

5. Volum selang 3 inchi=7,62cm

= 3, 14 x (1/2. 7,62)² x 2000

= 91161, 108 cc atau 91, 161 liter

mohon maaf yaa apabila ada perbedaan dengan hasil yg lain, karena saya juga hanya manusia biasa yg bisa belajar dari kalian semua 

Efek nitrogen yang dialami seorang diver

Tabung gas yang digunakan menyelam ada tiga macam yaitu campuran antara nitrogen-oksigen, helium-oksigen dan campuran ketiga-tiganya. Menurut Estradivari dari Ilmu Kelautan dan Teknologi IPB 99, semakin dalam kita menyelam, kelarutan nitrogen akan semakin besar. Tidak terbatas lebih 30 meter, jika kita menyelam 10 meter dan salah prosedur kita dapat terkena “nitrogen narkosis” yang sering disingkat dengan NN di dunia penyelaman. Efek pertama biasanya sering ketawa ketiwi sendiri kalau sampai di darat bahkan bisa-bisa kematian di tempat. Seorang penyelam rentan terkena NN bila salah prosedur menyelam yaitu naik ke permukaan secara cepat. Kecepatan naik yang aman adalah 0.5 feet/detik, lebih cepat dari itu maka nitrogen yang terlarut tidak sempat keluar dari aliran darah, sesuai Hukum Boyle juga, “tekanan berbanding terbalik dengan volume”, jadi kalau kita naik tekanan akan semakin kecil (misalnya di kedalaman 10 m = 2 atm, naik ke 0 m = 1 atm) maka volume udara akan semakin besar. Nitrogen terlarut di dalam darah yang tidak sempat keluar akan bertambah volumenya dan kemudian akan menggumpal dan menyebabkan penyumbatan. Konsep inilah yang menyebabkan efek lebih lanjut seperti ‘kegilaan’, hilang kesadaran bahkan kematian. Untuk penyelamanan dalam lebih dari 10 m, seorang penyelam diharuskan ‘deco stop’ yaitu berdiam diri pada kedalaman tertentu pada jangka waktu tertentu. Biasanya sekali menyelam di 10 m selama 30 menit, kita deco stop di 3 meter selama 5 menit. Hal ini dimaksudkan agar nitrogen terlarut sempat keluar dari aliran darah. Deco stop ini sangat tergantung pada kedalaman kita menyelam dan waktunya.

Tabung yang terisi 20% oksigen akan aman digunakan jika kita menyelam kurang dari 40 m. Kenapa? Karena semakin dalam kita menyelam, semakin besar tekanan parsialnya. Misalnya di 0 m (1 atm) = 20% O2 + 80% N2, 10 m (2 atm) = 40% O2 +160% N2, 20 m (3 atm) = 60% O2 + 240% N2, 30 m (4 atm) = 80% O2 + 320% N2, 40 m (5 atm) = 100% O2 + 400% N2. Nah, di 40 m, kadar oksigen sudah mencapai 100%, itu tergolong kita menghirup oksigen murni. Seperti yang telah dikatakan di atas, oksigen murni sangat berbahaya untuk tubuh jika menghirupnya lama-lama. Jadi untuk memanipulasi agar kita tidak menghirup oksigen murni dan bisa melakukan penyelaman dalam, biasanya kita memodifikasi jumlah oksigen dan nitrogen yang masuk ke tabung. Teknologi ini sudah tersedia, hanya saja harganya mahal, tidak sesuai dengan kocek mahasiswa. Perlu dipikirkan juga, semakin banyak kandungan nitrogen, maka semakin banyak juga nitrogen terlarut yang berenang-renang dalam aliran darah.

Ada kepiting kecil yang memiliki “senjata mematikan” yaitu dengan menjentikkan air bertekanan tinggi kepada sasaran makanannya ? Apa kepiting itu ?

Alpheus Saxidomus, itu nama latinnya. Selain disebut dengan nama pistol crab, hewan ini juga dikenal dengan nama pistol shrimp karena bentuk tubuhnya yang mirip-mirip udang, tapi capitnya juga lebih mirip-mirip kepiting. Tergantung yang melihat. Tapi yang jelas udang maupun kepiting sama-sama memiliki capit bukan? Nah, dari capitnya yang unik inilah title “pistol” dia dapatkan.

Capit Pistol

Pistol crab termasuk dalam famili alpheidae, ditandai dengan karakteristik capitnya yang unik. Alih-alih dikaruniai dengan capit untuk menjepit, pistol crab memiliki bentuk capit khas yang mampu menembakkan pusaran air berkecepatan tinggi. Tidak tanggung-tanggung, kecepatannya mampu mencapai 100 km/jam!

Sebelum penembakan, pistol crab “mengokang” capitnya terlebih dahulu dengan cara membuka capitnya selebar yang dia inginkan. Saat target sudah berada dalam area tembakan, maka dia akan menutup capitnya dengan selang waktu yang luar biasa, kurang dari 1/1000 detik! Akibatnya, di depan capitnya akan muncul cavitation bubble atau gelembung hampa yang segera kolaps dan menimbulkan gelombang kejut. Temperatur area di sekitar gelombang  kejut ini akan meningkat drastis dan bahkan mencapai angka 5000 Kelvin, itu kira-kira sekitar 4.700 derajat celcius!

Dari gelombang kejut itu juga lah akan dihasilkan tembakan air berkekuatan tinggi yang dapat merobohkan mangsanya.

Suara

Selain suhu dan kekuatan, tembakan dari pistol crab ini juga amatlah keras. Rata-rata mencapai 240 desibel. Anda pernah mendengar gemuruh suara jet pesawat? Itu baru 150 desibel, bayangkan seberapa keras 240 desibel. Didukung oleh sifat air sebagai penghantar suara yang baik, suara ledakan dari capit pistol crab ini dapat didengar hingga berkilo-kilometer jauhnya.

Ada cerita unik disini, pada jaman perang dunia kedua, pasukan US Navy yang bertugas di lepas pantai Florida mencurigai adanya upaya infiltrasi menggunakan kapal selam super cepat oleh pihak Rusia karena mereka kerap mendengar bunyi-bunyi letupan di headset kapal submarine hunters. Namun setelah diteliti, ternyata bunyi-bunyi itu hanyalah bunyi letupan-letupan yang dihasilkan oleh beberapa kelompok pistol crab yang sedang beradu senjata di kawasan tersebut.

Duel Pistol Crab

Dengan senjatanya yang dahsyat seperti itu, bisakah anda membayangkan seperti apa bila dua atau lebih pistol crab bertarung dengan sesamanya? Brutalkah jadinya?

Sebagian besar pertarungan antara spesies yang memiliki kebiasaan bertarung atau berduel dengan sesama jenisnya, biasanya karena perebutan wilayah, makanan, atau perebutan pasangan kawin, meninggalkan luka yang cukup parah dan bahkan menyebabkan tewasnya salah satu pihak sebagai hasil dari duel tersebut.

Singa misalnya, akan bertarung dengan sengit bila singa dari kelompok lain mencoba merebut wilayahnya. Pertarungan tersebut biasanya meninggalkan bekas luka yang cukup dalam di tubuh yang kalah. Beberapa spesies lain bahkan tega membunuh dan memakan lawannya seperti yang terjadi pada pertarungan geng antar serigala dan antar ular.

Namun ternyata tidak seperti itu yang terjadi di komunitas pistol crab. Meskipun kedua belah pihak saling menembak, mereka memiliki aturan jarak yang cukup ketat. Mereka saling menjaga jarak satu sama lain dalam jarak yang dianggap aman. Tembakan-tembakan yang dilepaskan tidak akan menimbulkan kerusakan sedikitpun pada lawannya, tembakan-tembakan tersebut dilepaskan hanya untuk menunjukkan siapa yang memiliki senjata yang lebih besar dan kuat. Setelah beberapa tembakan, maka yang kalah akan segera menyingkir dengan sendirinya.

Regenerasi Pistol

Capit kanan sebagai pistol, capit kiri capit biasa untuk memegang. Nah, bagaimana bila ada ikan yang cukup  tangkas hingga akhirnya mampu melukai dan memutus senjata utama pistol crab ini? Dengan keajaiban hormon capit kirinya akan berubah bentuk menjadi capit pistol dan capit kanannya akan tumbuh kembali menjadi capit biasa. Hanya perlu sedikit latihan untuk bisa menembak dengan tangan kiri🙂

sekian dan terimakasih

seberapa lama seseorang bisa menahan nafas didalam air ?

waduh nahan nafas dalam air ??rasa gak mungkin aku bisa ngelakuinnya, bisa sih bisa gampang aja kalo nahannya cuman 5 detik

naaaahhh ini nih manusia yang pecahkan rekor menahan nafas didalam air selama 19menit 21detik  yang bernama PETER COLAT uwoooooo hebatnyaaa

Peter Colat ini adalah seorang penyelam yang berasal dari Swiss,  ia berhasil memecahkan rekor baru menahan nafas didalam air selama 19menit 21 detik

Rekor menahan napas di dalam air pertama diukir oleh seorang pesulap, David Blaine tahun 2008 dengan waktu 17 menit 4 detik. Rekor ini memecahkan catatan waktu yang dicetak Colat, yaitu 16 menit 32 detik yang diukirnya pada Oprah Winfrey talk show. Rekor tersebut akhirnya diperbaiki oleh Putignano dan dipecahkan kembali oleh Colat.

Sebuah asosiasi penyelam Inggris menjelaskan, seseorang yang menahan napas dalam air harus dalam kondisi sangat rileks agar tubuhnya tidak banyak mengonsumsi oksigen. Sementara bernapas dengan oksigen murni sebelum usaha memecahkan rekor digunakan untuk meminimalisir hal-hal kritis yang tidak diinginkan selama proses menahan napas.

gimanaaaaaa ???ada yang mau mengalahkan si Peter Colat ini??

 

Menara Air

Sebuah menara air atau menara air yang tinggi adalah sebuah wadah besar penyimpanan air dan sengaja ditinggikan untuk pengadaan pasokan air. Dengan ketinggian yang cukup maka berguna untuk menekan sistem distribusi air. So, apa tujuan dari menara air sih :

Pengguna pasokan air (kota, pabrik, atau bangunan) harus memiliki tekanan air untuk menjaga keamanan pasokan air. Jika suplai air tidak bertekanan cukup, maka bisa terjadi:

1. Air tidak dapat mencapai lantai atas sebuah gedung;
2. Keran tidak dapat mengeluarkan air karena tidak cukup aliran
3. Mengurangi ketergantungan air tanah. Air Tanah biasanya tercemari dengan mikroorganisme , debu, pasir, pupuk , dan terkotaminasi zat beracun lainnya.

selain itu, Menara air dapat memasok air bahkan ketika listrik padam, karena mereka bergantung pada tekanan yang dihasilkan oleh ketinggian air. Tapi ya jangan lama-lama padamnya, karena pompa airnya juga butuh listrik buat mengaliri air ke menara.

ini nih cara kerjanya

1. Pompa mengalirkan air ke menara
2. air tersimpan di menara.
3. Tinggi menara memberikan tekanan hidrostatik untuk mengalirkan air ke pengguna.

nah sekarang kita liat yuks desain menara yg keren2 yang ada didunia

naaahh gimana??unik2 kan menara airnya

kegunaan ruang dekompresi

Sebuah ruang dekompresi
adalah bejana tekanan yang digunakan dalam permukaan menyelam disediakan untuk memungkinkan para penyelam untuk menyelesaikan penyelaman mereka dekompresi berhenti di akhir  menyelam di permukaan daripada di bawah air. Hal ini menghilangkan banyak risiko decompressions panjang bawah air, dalam kondisi dingin atau berbahaya.Sering kali istilah “dekompresi ruang”, “recompression ruang” dan “ruang terapi oksigen hiperbarik” digunakan secara bergantian. Nama mencerminkan tujuan yang berbeda bahwa kamar dirancang untuk kemampuan mereka. Setiap orang mampu beroperasi dalam peran orang lain
– sebuah ruang recompression digunakan untuk mengobati penyelam menderita tertentu gangguan menyelam seperti penyakit dekompresi
-sebuah terapi oksigen hiperbarik ruang yang digunakan dalam rumah sakit olahraga konteks atau untuk mengobati pasien yang kondisinya mungkin manfaat dari perawatan oksigen hiperbarik, termasuk penyelam.
(waduh saya agak tidak mengerti inih maksudnya apa )